Rabu, 24 April 2013

MENGGUNAKAN DRIVE LIST BOX,DIR LIST BOX,FILE LIST BOX,DAN IMAGE DI VB





Hai sobat PREL-BLOG???
Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang VB!!!
Ok langsung saja ya??

MENGGUNAKAN DRIVE LIST BOX,DIR LIST BOX,FILE LIST BOX,DAN IMAGE DI VB

Disini saya akan mencoba membuat sebuah aplikasi yang menyangkut beberapa control yang ada di VB,antara lain:
DIR LIST BOX,FILE LIST BOX,IMAGE,DRIVE LIST BOX.
Saya beri nama aplikasi ini dengan nama APLIKASI TEST GAMBAR.
Ok langsung saja saya mulai!
Pertama-tama susunalah desainnya hingga menyerupai gambar di bawah ini:


lalu klick 2kali pada area form dan masukan script berikut ini:

Private Sub Form_Load()
menyesuaikan ukuran gambar dengan ukuran control image.
Image1.Stretch = True
menampilakan file yang memiliki ekstensi jpg pada control file1.
File1.Pattern = "*.jpg"
End Sub

Kemudian pada Drive1 isikan script dibawah ini:

Private Sub Drive1_Change()
menampilkan isi drive yang terpilih pada kontrolDir1
Dir1.Path = Drive1.Drive
End Sub

Untuk Dir1 isikan script ini:

Private Sub Dir1_Change()
‘manampilkan isi direktori pada control file1.
File1.Path = Dir1.Path
End Sub

Dan untuk File1:

Private Sub File1_Click()
‘menampilkan file gambar yang dipilih dari control file1 ke control image.
Image1.Picture = LoadPicture(File1.Path + "\" + File1.FileName)
End Sub

Gambar 2

Jika sudah beres silahkan tekan F5 dan coba di jalankan!
Nah itu saja caranya.
Jika anda ingin melihat hasil dari pembuatan saya silahkan di download DISINI.
Dan kalau ingin langsung mengedit atau mempelajari secara detail silahkan di download DISINI.

Nah sekian dulu dari saya,jika masing belum mengerti silahkan berkomentar!!!
Tunggu artikel saya selanjutnya!!!!

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar